April (Tak Berjudul)



APRIL MOP!!!

Kaget? dongkol? Ngumpat? Nyaci maki? Bebas! Ini april mop!

***

April Bodoh dan Konyol

Andai aku masih seorang remaja hijau (aku heran kenapa remaja dimajaskan dengan "hijau) bisa dipastikan aku akan latah dengan hingar bingar April Mop yang, sekarang ini kukategorikan: tindakan bodoh, lelucon "konyol".

Pun begitu, aku masih mengapresiasi mereka yang rela bersusah-payah membuat ide aneh (baca=gokil) demi "memeriahkan" april mop ini. Tak ada kata lain yang bisa diberikan selain: kreatif.

Begitu mewabahnya april mop ini, sampai BBC pada zaman dahulu pernah menjahili pemirsa-nya dengan lelucon yang sangat kreatif. (silakan gugling : lelucon april mop terkonyol sepanjang masa)

Kalau aku mengapresiasi, kenapa di awal tadi aku katakan bodoh? Hey.. U should know what "moron" is. Bodoh dalam arti dan konotasi negatif sering dikiaskan pandir ; tolol. Tetapi seringkali kebodohan mendatangkan pingkal. Bukan berarti menertawakan "si bodoh" tapi "kebodohannya".

 
***
Kreativitas dalam Kekonyolan
Konyol. Itulah image yang paling mencolok dari April Mop. Tapi, ada image lain, lebih tepatnya sejarah (kelam) atas April Mop ini. Sejarah seperti apa? Since i'm sucks with history, u should googling on ur own. Segalanya ada kaitannya tentang "pembantaian umat islam".

Stop disini. Aku tak mau bawa-bawa agama. Belief is a very private sense of each person. Lagipula, Indonesia, meskipun mayoritas islam, tapi bukan negara islam. Syariat Islam hanya berlaku pada "privat" bukan publik secara umum.

Kembali ke april mop. Satu lagi image april mop yaitu "lie" ; penipuan ; kebohongan.

Disadari atau tidak, setiap manusia memiliki "sisi nakal" dalam otak mereka. Tak heran jika seringkali ditemukan modus kejahatan yang beraneka ragam. Itulah penyaluran "sisi nakal" dalam hal negatif.

Ada negatif, tentu ada positif. Penyaluran "sisi nakal" dalam hal positif sering kita sebut dengan kreativitas.

Dengan kreativitas, bukan apa-apa bisa menjadi mahakarya. Bukan siapa-siapa bisa menjadi kaya-raya.

Kreatif adalah kemampuan melihat "nilai" (baca: "potensi")dan mampu mengkonversinya ke hasil yang memiliki nilai manfaat tanpa menghilangkan karakter dan keunikan khusus.  Kreatif juga berarti tangguh, serta berpegang teguh pada nurani. (definisi bebasku. Setuju tak setuju, up to u -pen).

So, which one'll u choose? Creative assertive or neighborhood nightmare?

April FoolsApril mop dalam bahasa inggris disebut april fools. Fools sebagai kata benda berarti bodoh. Fool diatas, jika diterjemahkan sebagai verb dalam simple present tense (dah kaya dosen basa inggris belom? Xexe) berarti salah.

Jika "s" di belakang huruf e diperlakukan sebagai "penjamak" seberti lazimnya kata benda, maka bisa diartikan sebagai "kesalahan-kesalahan".

Apa artinya? Dan kenapa aku bermain dengan kata-kata yang bahkan aku sendiri tak tahu maksudnya apa?

Dalam april mop, setiap perbuatan iseng, jahil, akan dianggap lelucon dan selalu dimaafkan. Kenapa diatas kutuliskan "kesalahan-kesalahan"? Karena sebanyak apapun kesalahannya, maaf tetap tersedia untuk diberikan.

Yang jadi pertanyaan disini adalah: apakah "maaf" hanya tersedia 1 hari dalam satu tahun dan hanya menjadi "malaikat sehari" pada hari itu juga? (april mop untuk non muslim, serta idul fitri untuk muslim). Lalu pada hari-hari berikutnya jadi apa?

Semoga semangat memaafkan tidak hanya muncul secara dadakan dan hanya menjadi bagian dari sebuah ritual.

Offline Note: for muslimsSaya sama sekali tak punya niatan serta orientasi sedikitpun untuk mengkampanyekan April Mop.

Terlepas dari sejarah kelam pembantaian muslim, tanpa mengurangi keprihatinan serta simpati, just let it be the past.

Dont u get what i just wrote above?

Forgiveness...

Lets just having each other. Cz if we have each other, we have everything!


Posted by Widhi Satya | at 14.21

0 comments:

Posting Komentar

i'm waiting for your comment...

share your opinion on the box below...